Selasa, 23 November 2010

Kesatuan Membawa Kebaikan



Pembicara : Pdt. Budi Purnama
Tema : Kesatuan Membawa Kebaikan
Ayat Nast : Efesus 4:1-7









Kesatuan adalah keharusan bagi setiap keluarga, gereja, organisasi, bahkan Negara yang ingin mempertahankan keberadaannya. Keluarga, gereja, organisasi bahkan Negara yang terpecah tidak akan bertahan dan cepat atau lambat pasti hancur. Karena itu sebagai orang percaya, kita harus selalu dan berjaga-jaga, agar jangan sampai kesatuan kita baik dalam keluarga, maupun gereja menjadi hancur karena tidak adanya kesatuan. Satu kesadaran yang harus selalu kita pegang adalah bahwa kita sudah dipersatukan oleh Tuhan. Oleh karena pengorbananNya kita menjadi satu tubuh dalam Kristus. Yang perlu kita lakukan sekarang adalah bagaimana kita mengembangkan kesatuan itu.
Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar kesatuan kita dapat ditingkatkan, antara lain:
-Efesus 4:1 – Kita harus hidup berpadan dengan panggilan Tuhan. Yaitu diselamatkan dan menjadi satu.
-Efesus 2:12-16 – Gereja adalah satu persekutuan yang unik, karena di dalamnya ditemukan orang dari berbagai macam latar belakang, baik budaya, sosial, ekonomi, pendidikan, kedudukan, bahasa yang semuanya bersatu untuk mencapai tujuan hidup yang sesuai dengan kehendak Tuhan.
-Efesus 4:2 – Kita harus hidup dalam karakter yang benar, yaitu:

*Rendah Hati.
Yaitu sikap hati yang menganggap diri sendiri itu kecil, tidak ada yang layak dibanggakan, dan bersukacita kalau orang lain berhasil. Amsal 22:4.

*Lemah Lembut.
Kata ini berlawanan dengan kasar/kekerasan. Orang yang lemah lembut dapat menguasai diri dan tidak suka kekerasan, demikian juga seharusnya dengan kita.

*Sabar,
yaitu dapat menahan diri, tidak mudah menyerah, menanggung sesuatu dengan tekun sekalipun dalam tekanan. Sabar juga berarti menahan diri untuk tidak membalas kesalahan orang lain.

*Menunjukkan kasih dalam hal saling membantu.
Yaitu sikap peduli kepada orang lain, menjadi berkat bagi orang lain.
Contoh: Filipi 4:14-19, 2Korintus 8:7-15.


0 komentar:

Posting Komentar

Verse of The Day

Yesaya 56:24
"Maka sebelum mereka memanggil, Aku sudah menjawabnya;
ketika mereka sedang berbicara, Aku sudah mendengarkannya."


GBU

Followers

 

Gereja Isa Almasih Juwana . Copyright 2009-2011 All Rights Reserved GIA Juwana theme by Metris Sovian Converted into Blogger Template by Meetrise Blezs