Senin, 14 September 2009

Kilasan Firman 6 September 2009


Pembicara : Pdt. Budi Purnama
Tema : Membangun Iman
Ayat Nast : Keluaran 14:13,14

Iman tidak hanya sekedar percaya, taat, atau setia. Tetapi iman adalah anugrah atau kasih karunia, pemberian Allah karena iman bersumber dari Allah. (1 Kor 12:9) Iman yang bersumber dari Tuhan mendatangkan kuasa, sehingga oleh kuasa iman akan memampukan kita manusia untuk melewati masa-masa gelap, sukar, sulit dan berbagai pencobaan.
Contoh:
-Keluaran 14:13,14 ~ Musa mengajar bangsa Israel untuk memiliki iman yang bersumber dari Tuhan, sehingga mereka terbebas dari kejaran tentara Mesir.

-Ayub 23:10-14 ~ Ayub dalam menghadapi kesulitan yang dia alami, dia mengandalkan imannya kepada Tuhan, sehingga ia mampu melewati penderitaan itu.

Iman mendatangkan kuasa (Markus 11:22-24)
Bagaimana kita memiliki iman seperti itu?
1. Iman harus selalu dibangun. Iman harus bertumbuh, bertambah dan diperluas agar semakin kuat. Kalau iman itu ibarat otot dalam tubuh kita, agar menjadi kuat dan besar, otot itu perlu dilatih, diberi beban yang berat, sehingga akan mampu mengangkat beban yang berat sekalipun. Demikian juga dengan iman kita. Sebagai contoh adalah iman Abraham (Roma 4:19-22).
2. Untuk memiliki iman yang kuat dan mendatangkan kuasa, diperlukan hati yang lembut dan yang benar sehingga mampu mengenal Sumber iman itu dengan benar pula. Roma 10:28, Galatia 2:20.
3. Iman tidak akan datang kepada orang yang pasif. Artinya kalau kita ingin membangun iman, menjadi iman yang mendatangkan kuasa maka kita harus menjadi orang percaya yang rajin, aktif, penuh semangat dan tidak mudah putus asa. Seperti halnya dengan doa. Doa tidak cukup sekali atau dua kali tetapi berkali-kali, tidak jemu-jemu dan terus menerus. Jangan pernah berpikir bahwa doa sekali - dua kali Tuhan sudah dengar dan langsung menjawab. Doa harus terus menerus.
Doa sama dengan kerja keras. Demikian juga dengan iman.



0 komentar:

Posting Komentar

Verse of The Day

Yesaya 56:24
"Maka sebelum mereka memanggil, Aku sudah menjawabnya;
ketika mereka sedang berbicara, Aku sudah mendengarkannya."


GBU

Followers

 

Gereja Isa Almasih Juwana . Copyright 2009-2011 All Rights Reserved GIA Juwana theme by Metris Sovian Converted into Blogger Template by Meetrise Blezs