Minggu, 16 Agustus 2009

Kilasan Firman 9 Agustus 2009


Pembicara : Pdt. Budi Purnama
Tema : Kesatuan Membawa Kebaikan
Ayat Nast : Efesus 4:1-7

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan agar kesatuan kita dapat ditingkatkan, sehingga membawa kebaikan, antara lain:
-Efesus 4:1 – Kita harus hidup berpadan dengan panggilan Tuhan.
-Efesus 4:2 – Kita harus hidup dalam karakter yang benar, yaitu: rendah hati, lemah lembut, sabar, dan saling membantu.
-Efesus 4:3-6 – Berusahalah memelihara kesatuan. Gereja adalah persekutuan yang unik, dimana di dalamnya banyak perbedaan. Tetapi sekalipun banyak perbedaan kita harus berusaha untuk mewujudkan kesatuan. Artinya sebagai warga gereja kita harus berusaha dengan seluruh kekuatan, mengusahakan yang terbaik, dan mempunyai keinginan untuk menciptakan kesatuan. Perhatikan 1 Korintus 1:10 – kita harus sehati sepikir.
-Efesus 4:7 – Menghargai perbedaan. Dalam gereja Tuhan memberi kasih karunia yang berbeda-beda. Dari perbedaan-perbedaan yang ada tidak membuat kita saling terpecah belah tetapi sebaliknya saling melengkapi dan peduli. Contoh: Pemain Sepak Bola. Masing-masing pemain mempunyai tugas yang berbeda, ada yang menjaga gawang, ada yang penyerang, namun semua bisa bekerja sama. Satu hal yang mereka ingin capai adalah kemenangan. Dalam hal ini mereka saling menghargai perbedaan. Demikian juga dengan kita.

Kiat-kiat menghargai perbedaan:
1.Jangan suka membandingkan diri dengan orang lain. Tuhan memberikan talenta yang berbeda dengan talenta orang lain. Yang terpenting disini adalah bagaimana kita mengerjakan talenta/kemampuan itu. Bandingkan Matius 25:21-23, 2 Korintus 10:12.
2.Jadilah diri sendiri. Kita tidak mungkin menjadi orang lain. Tuhan sudah memberikan kemampuan tersendiri. Kemampuan kita berbeda dengan orang lain.
3.Perhatikan sekitar kita, dengan siapa kita hidup. Orang di sekitar kita sangat berpengaruh dalam hidup kita. Hidup dengan orang baik, kita menjadi baik, tetapi sebaliknya hidup dengan penjahat, pemabuk, penggosip, dll itu yang akan mempengaruhi.



0 komentar:

Posting Komentar

Verse of The Day

Yesaya 56:24
"Maka sebelum mereka memanggil, Aku sudah menjawabnya;
ketika mereka sedang berbicara, Aku sudah mendengarkannya."


GBU

Followers

 

Gereja Isa Almasih Juwana . Copyright 2009-2011 All Rights Reserved GIA Juwana theme by Metris Sovian Converted into Blogger Template by Meetrise Blezs