Senin, 31 Agustus 2009

Kilasan Firman 23 Agustus 2009


Pembicara : Pdm. Ester L.N
Tema : Mengambil Keputusan
Ayat Nast : Mazmur 1:1-2


Setiap hari kita diperhadapkan dengan banyak pilihan, dan setiap pilihan yang kita ambil adalah keputusan yang beresiko. Pilihan kita salah maka resikonya adalah sesuatu yang tidak menyenangkan , sebaliknya pilihan kita tepat dan benar, maka menyenangkan.
Beberapa contoh dalam Alkitab, orang-orang yang diperhadapkan dengan pilihan, yaitu:
1.Rut
Rut tidak mau tinggal di Moab, sekalipun itu tanah kelahirannya, tetapi dia lebih memilih untuk tinggal bersama Naomi di Bethlehem. Pilihan Rut ini berdampak kebahagiaan, karena akhirnya dia menjadi istri Boas dan Rut akan melahirkan Yesus Kristus. Rut 1:16, Matius 1:5.
2.Yusuf
Yusuf mengambil keputusan yang benar, ketika dia dicobai oleh istri Potifar ia menolak sekalipun ia harus difitnah dan dipenjara, namun akhirnya Yusuf menikmati kebahagiaan. Kejadian 39:1-23.
3.Esau
Esau lebih memilih semangkuk Sup kacang merah dan mengabaikan hak kesulungannya, akibatnya Esau tidak menikmati berkat sulung dari Yakub ayahnya. Kejadian 25:29-34, Ibrani 12:15,16.
4.Lot
Lot lebih memilih Lembah Yordan yang menurut pandangan mata sangat subur dan menyenangkan, namun sesungguhnya disana ada banyak dosa dan pelanggaran. Akibatnya Lot mengalami kehancuran. Kejadian 13:10-13.
5.Adam dan Hawa
Mereka memilih menuruti bujuk rayu dari ular (iblis) untuk memakan buah pengetahuan baik dan jahat daripada menuruti perintah Tuhan. Mereka jatuh dalam dosa, sehingga mereka diusir dari taman Eden oleh Tuhan. Kejadian 3:1-24.
6.Anak bungsu
Dia memilih untuk hidup menjauh dari bapanya, hidup berfoya-foya, pesta fora, namun akhirnya menderita. Lukas 15:11-32.

Itulah beberapa contoh kehidupan orang/manusia yang diperhadapkan dengan pilihan. Keputusan untuk memilih satu pilihan akan berdampak di kemudian hari. Keputusan benar akan berdampak kebahagiaan, keputusan yang salah akan berdampak. Bandingkan dengan Mazmur 1:1,2.



0 komentar:

Posting Komentar

Verse of The Day

Yesaya 56:24
"Maka sebelum mereka memanggil, Aku sudah menjawabnya;
ketika mereka sedang berbicara, Aku sudah mendengarkannya."


GBU

Followers

 

Gereja Isa Almasih Juwana . Copyright 2009-2011 All Rights Reserved GIA Juwana theme by Metris Sovian Converted into Blogger Template by Meetrise Blezs